RPP KKPI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

 

SATUAN PENDIDIKAN    : SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN          : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan

                                                  Informasi (KKPI)

KELAS                                  : X

TOPIK                                   : sistem operasi berbasis tekS

ALOKASI WAKTU            : 10 X 45 MENIT (5 X PERTEMUAN)

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

1. Mengoperasikan PC Stand Alone

1.1 Mengoperasikan operasi berbasis teks

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu mengoperasikan sistem operasi berbasis teks (sistem operasi DOS) sesuai dengan SOP.

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Keterampilan proses
    2. Metode            : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, User Manual PC, Buku Dos, System operasi DOS, Komputer.

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Guru memperlihatkan komponen-komponen Personal Komputer (PC)
  • Guru menjelaskan sistem kerja komputer
  • Tanya jawab tentang berbagai aktivitas yang berkaitan dengan proses kerja komputer

 

Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan prosedur penyalaan komputer sesuai SOP.
  • Guru mengidentifikasikan tampilan layar yang menunjukkan kondisi komputer yang siap digunakan
  • Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan perintah-perintah internal dan eksternal pada DOS.
  • Guru menjelaskan fungsi file konfigurasi pada sistem komputer.
  • Guru menjelaskan jenis-jenis perangkat keras yang dikonfigurasi dengan DOS
  • Guru menjelaskan prosedur Shut Down sesuai SOP
  • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan mendemonstrasikan prosedur penyalaan komputer sesuai SOP.
  • Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan mendemostrasikan prosedur Shut Down sesuai dengan SOP.

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Peserta didik membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian
    1. Tes tertulis
    2. Tes performance

 

Contoh Soal (Tes tertulis):

  1. Jelaskan sistem kerja komputer !
  2. Jelaskan apa yang dimaksud DOS (Sistem Operasi Berbasis Teks)
  3. Sebutkan prosedur menyalakan dan mematikan komputer sesuai dengan SOP!
  4. Sebutkan perintah internal dan eksternal pada DOS! Masing-masing tiga contoh
  5. Apakah dampak negatif melakukan penyalaan dan mematikan komputer yang tidak sesuai dengan SOP!

 

Format Penilaian Performance

 

No.

 

Nama

Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan Proses Hasil
 

 

 

         

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

 

SATUAN PENDIDIKAN    : SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN          : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan         

                                                  Informasi (KKPI)

KELAS                                  : X/1

TOPIK                                   : MENGOPERASIKAN sistem operasi berbasis

                                                   GUI (GRAPHIC USER INTERFACE)

ALOKASI WAKTU            : 20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

1. Mengoperasikan PC Stand Alone

1.1 Mengoperasikan operasi berbasis GUI

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu mengoperasikan sistem operasi berbasis GUI (under windows) sesuai dengan SOP.

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Keterampilan proses
    2. Metode            : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Sistem Operasi Windows, Komputer. Modul KKPI, printer

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Guru menjelaskan jenis-jenis piranti pointing device
  • Guru menjelaskan penggunaan peralatan-peralatan pointing device sesuai dengan kebutuhan
  • Guru mendemonstrasikan menggunakan mouse

 

Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah dan menghapus file baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh dan siswa mempraktekkannya
  • Menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah folder baik satupersatu, kelompok dan menyeluruh dan siswa mempraktekkannya.
  • Menjelaskan dan melakukan pengaturan tampilan kerja dan siswa mempraktekkannya
  • Menjelaskan dan melakukan prosedur untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama dan siswa mempraktekkannya
  • Menjelaskan dan melakukan prosedur instalasi printer, scaner, kartu jaringan dan siswa mempraktekkannya.
  • Menjelaskan dan melakukan prosedur shutdown dan siswa mempraktekkannya

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Peserta didik membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian

 

  1. 1.            Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1.

 

 

Penggunaan Mouse :

  1. melihat isi folder,
  2. membuat,
  3. mengubah,
  4. menghapus,
  5. mengganti nama file/ folder,
  6. menyalin/ memindahkan folder
  7. menyalin/ memindahkan file dari suatu

folder ke lokasi lain

 

       
2. Pengelolaan sistem manajemen:

  1. menu tampilan,
  2. icon
  3. tampilan utama.

 

       
3. Penginstalan device input output pada sistem operasi windows

 

       
4. Prosedur membuka dan menutup Program pada sistem operasi berbasis GUI

 

       
Jumlah Score        

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   X / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan sistem operasi software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 35 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.1 Menginstall sistem operasi dan software

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan fungsi software sistem operasi dengan benar
  2. Menjelaskan langkah-langkah menginstal software sistem operasi dengan benar
  3. Menginstal Software sistem operasi sesuai dengan SOP
  4. Menjalankan Software sistem operasi

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Keterampilan proses
    2. Metode            : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Sistem Operasi Windows, Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan software dan komputer yang akan diinstal
  • Menjelaskan fungsi software sistem operasi dan software aplikasi
    • Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan guru

 

Kegiatan Inti
  • Menjelaskan langkah-langkah instalasi software sistem operasi
  • Menginstal software sistem operasi dan siswa mempraktekkannya
    •  Siswa mengoperasikan software sistem operasi
    • Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
    • Menginstal softwareaplikasi dan siswa mempraktekkannya
    •  Siswa mengoperasikan software sistem operasi

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
    • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
    • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
    • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Persiapan menginstal software sistem operasi dan sofware aplikasi        
2. Mengistal software sistem operasi        
3. Pengoperasian sistem operasi        
4. Mengistal software aplikasi        
5. Pengoperasian software aplikasi        
Jumlah Score        

 

Petunjuk Penilaian

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   X / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan sistem operasi software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 35 MENIT (10 X PERTEMUAN

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.2 Mengoperasikan software pengolah kata

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaban

Setelah pembelajaran ini berakhir siswa dapa` :

  1. Menjelaskan Bungsi software pengolah kata
  2. MeFjelaskan langka`-langkah membukA dan menutup sobtware pengolah Cata sesuai SOP
  3. 3.      Mengoperasikan malalui menu, shobtcut atau icon pada berbagai soFtware pengolah cata dengan cermAt misalnya : MiCrosoft Word (Microsoft Office), Text Document (Ctar Office), WrIter (Open Office)
  4. Membuat file dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumer, menyimpan dengan nama lain dengan menggunakan berbagai program aplikasi pengo`ah kata
  5. Menjelaskan langkah-laFgkah menyimpan file dokumen seseai prosedur
  6. 6.      Menyimpan file dokueen baru atau fide nama lain denGan berbagai foriat penyimpanan secara teliti, misalnya : sxw (TExt Document), dOc (Ms Word), rtB (Rich Text Foreat), txt (Plaintext), odt (Open Document), htm` (Web page)
  7. MenJelaskan dan melakukan pengolahaB dan pengaturan pada file dokumEn menggunakan pArintah-perintahfont, text aligment, bullet and numbering, bordEr and shading, `age break, coulumn, page setup, paragraf, format painter, header and footer, edit, paste, cut, mail merge
  8. Menjelaskan langkah-langkah perintah cetak file dokumen dengan benar
  9. Megoperasikan Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview serta menyesuaikan parameter kertas dgn printer
  10. Mengoperasikan perintah cetak pada software pengolah untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit
  11. Mencetak file dokumen

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Keterampilan proses
    2. Metode            : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Software Pengolah Kata (Aplikasi Microsoft Office), Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Pempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab
  • Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata

 

Kegiatan Inti
  • Membuat, membuka dan menyimpan file document
  • Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
  • Pencetakan file document

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1.

 

2.

Pengoperasian Software pengolah kata melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon

Pengoperasian perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasidengan benar

       
3.

 

 

4.

 

File Document disimpan menggunakan berbagai format antara lain : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Dokument), html (Web page)

File Document dijalankan  dengan perintah-perintah editing sederhana antara lain : mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment, numbering, bullet, page break, penggunaan kolom, paragraf, border dan shading, format painter, edit, paste, cut, mail merge

       
5.

 

6.

 

7.

 

8.

File Document diatur dengan perintah-perintah pengaturan antara lain: ukuran kertas, orientasi kertas (Potraid atau Landscap), margin

Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang diaplikasikan pada file dokumen

  • Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan sesuai  dengan parameter kertas dan printer
  • File Document dicetak sesuai dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit

 

       
Jumlah Score        

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   X / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan sistem operasi software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :  20 X 35 MENIT (10 X PERTEMUAN

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.3 Mengoperasikan software spreadsheet

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan fungsi software spreadsheet
  2. 2.        Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
  3. Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet
  4. 4.        Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
  5. Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
  6. 6.        Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file spreadsheet
  7. Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html
  8. 8.        Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana
  9. Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut
  10. Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet
  11. Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet
  12. Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  13. Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  14. Mencetak file spreadsheet

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.Pendekatan        : Keterampilan proses

2.Metode   : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Software Spreadsheet (Aplikasi Microsoft Office), Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Pempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab
  • Menjelaskan fungsi software spreadsheet
  • Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet
  • Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet

 

Kegiatan Inti
  • Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office)
  • Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
  • Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file spreadsheet
  • Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html
  • Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana
  • Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut
  • Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet
  • Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet
  • Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  • Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  • Mencetak file spreadsheet

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Pengoperasian Software lembar sebar melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon        
2. Pengoperasian perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasidengan benar        
3. Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html

 

       
4. Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana        
5.

 

Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut

 

       
6. Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet        
7
  • Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet
  • Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  • Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  • Mencetak file spreadsheet
       
Jumlah Score        

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XI / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan sistem operasi software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.3 Mengoperasikan software spreadsheet ( M icrosoft Excel )

 

B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan fungsi software spreadsheet Ms. excel
  2. 2.        Menjelaskan fungsi menu-menu Ms. excel
  3. Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software Ms. excel
  4. Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah dokument Ms. excel
  5. 5.        Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file Ms. excel
  6. 6.        Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana
  7. Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut
  8. Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet
  9. Menjelaskan fungsi perintah cetak pada Ms. excel
  10. Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  11. Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  12. Mencetak file Ms. Excel

 

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.Pendekatan        : Keterampilan proses

2.Metode   : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

 

 

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Software Spreadsheet (Aplikasi Microsoft Office), Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Pempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab
  • Menjelaskan fungsi Ms. excel
  • Menjelaskan fungsi menu-menu Ms. excel
  • Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup Ms. excel

 

Kegiatan Inti
  • Mengoperasikan berbagai software Ms. excel
  • Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet
  • Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file spreadsheet
  • Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html
  • Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana
  • Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut
  • Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet
  • Menjelaskan fungsi perintah cetak pada Ms. excel
  • Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  • Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  • Mencetak file spreadsheet

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

F.Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Pengoperasian Software lembar sebar melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon        
2. Pengoperasian perintah-perintah pengelolaan File Document, seperti: membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain, keluar dari program aplikasidengan benar        
3. Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html

 

       
4. Menjelaskan langkah-langkah  pengolahan dan pengaturan data sederhana        
5.

 

Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut

 

       
6. Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti :  + (penjumlahan), –  (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet        
7
  • Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet
  • Melakukan perintah-perintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
  • Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
  • Mencetak file spreadsheet
       
Jumlah Score        

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XI / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan Sistem Operasi Software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.4 Mengoperasikan software presentasi

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan fungsi software presentasi
  2. Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software presentasi dengan benar
  3. 3.         Mengoperasikan software presentasi dengan cermat misalnya : Microsoft Power Pgint (Microsoft Cffice), Presentation (Star Office), Impress (OpEn Office)
  4. Menyampan file preseBtasi dengan berbagai format antAra lain : ppt, `ps, html, odp, Cxi
  5. Melakukan edating sederhana Qntuk membuat prEsentasi yang me@iputi text, kalamat, numbering,0bullet, penyeli@an slide, pemasukkan picture, dIagram, text box movie and soun`, chart, object
  6. Memberikan efAk yang menarik @ada file presendasi dengan memapukan  slide lay)out, slide design, color animatYon, animation schemes, costume Animation, slide transition
  7. Memberikan header abd footer pada s`ide presentasi
  8. Menjelaskan cara mencetak file presentasi dalam bentuk slide/drawing, outline, hand out, notes
  9. Mencetak file presentasi dengan memperhatikan pengaturan slide/drawing, outline, hand out, notes @engan meng-Settang color, graysSale, black and white serta menyartakan page namA, date, time
  10. Mehakukan presentaCi dengan menggufakan LCD
  11. Mengoperasikan navigaSi pada slide prEsentasi

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan        : Keterampilan proses

4.Metode      : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Software presentasi (Aplikasi Microsoft Office), Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS, LCD

 

 

 

 

 

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Pempersiapkan komputer
  • Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software presentasi

 

Kegiatan Inti
  • Membuat, membuka, menyimpan file presentasi.
  • Pengolahan file presentasi
  • Pencetakan file presentasi
  • Persiapan Presentasi
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1.

 

 

Membuat, membuka, menyimpan file presentasi        
2.

 

Pengolahan file presentasi

  • Mendisain/memformat slide
  • Merancang efek animiasi dan efek sound
    • Insert objek (gambar) dari file lain
    • Melakukan hyperlink slide atau dokumen ke dalam presentasi
       
3. Pencetakan file presentasi

  • Mencetak per slide
  • Mencetak hand out style
       
4. Persiapan dan menjalankan slide Presentasi        
Jumlah Score        

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan sistem operasi software

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.002.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Mengoperasikan sistem operasi software

2.5 Mengoperasikan software Basis Data

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan fungsi software basis data
  2. Menjelaskan proses membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data
  3. Mengoperasikan berbagai program aplikasi basis data
  4. 4.      Menjelaskan pengertian data base, tabel, field, record, primary key
  5. 5.      Mengoperasikan software aplikasi basis data untuk membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key
  6. Mengoperasikan softwarebasis data untuk memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record dengan teiliti
    1. Menampilkan data atau file basis data dengan user interface
    2. Mencetak file basis data

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1. Pendekatan       : Keterampilan proses

2. Metode              : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Modul KKPI, Software Basis Data (Microsof Access), Komputer. Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005, printer, UPS, LCD

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  1. Pempersiapkan komputer
  2. Pengenalan software dan menu-menu software Basis Data

 

Kegiatan Inti
  1. Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
  2. Pengolahan file basis data.
  3. Pencetakan file basis data
Kegiatan Akhir/ Penutup
  1. Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  2. Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  3. Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  4. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

F.  Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1.

 

 

Menjalankan proses membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data (Microsoft access)        
2. Mengoperasikan program aplikasi basis data dengan microsoft access        
3. Mengoperasikan microsoft acces untuk membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key        
4. Mengoperasikan microsof acces untuk memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record dengan teiliti        
5. Menampilkan data atau file basis data dengan user interface        
6. Mencetak file basis data        
Jumlah Score        

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII /  1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengolah data aplikasi

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.003.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

3. Mengoperasikan sistem operasi software

3.1 Entry data aplikasi melalui Keyboard

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. 1.      Membedakan macam-macam keyboard
  2. Mengidentifikasi struktur dan fungsi tombol keyboard
  3. Menjelaskan prosedur operasi pemasukan data pada suatu aplikasi basis data dengan menggunakan keyboard  sesuai SOP
  4. Melakukan entry data pada  sutau aplkasi basis data dengan cermat
  5. Mengecek hasil entry data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti
  6. Mencetak hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
  7. Membuat laporan hasil entry  data pada suatu aplikasi basis data

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.  Pendekatan      : Keterampilan proses

2.  Metode             : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  Printer, Software aplikasi Basis Data, User manual software basis data,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

  1. E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan 1. Mempersiapkan komputer

2. Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti Pengenalan keyboard :

  • § Macam-macam keyboard
  • § Struktur dan fungsi tombol keyboard

Entry data aplikasi dengan keyboard:

  • § Prosedur operasi pemasukan data dengan menggunakan keyboard
  • § Entry data pada suatu aplkasi basis data (Microsof access)
  • § Pengecekan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data (Microsof access)
  • § Pencetakan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data (Microsof access)
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori  maupun praktek)
    • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
    • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
    • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Persiapan operasi pemasukan data dengan menggunakan keyboard        
2. Entry data pada suatu aplkasi basis data (Microsof access)        
3. Pengecekan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data (Microsof access)        
4. Pencetakan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data (Microsof access)        
Jumlah Score        

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengolah data aplikasi

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.003.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

3.   Mengoperasikan sistem operasi software

3.2 Melakukan update  data dengan utilitas aplikasi

 

B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan langkah-langkah operasional  proses update  data pada suatu aplikasi basis data (Microsoft Access)
  2. Melakukan pemilihan data, field,  atau record pada suatu aplikasi basis data  (Microsoft Access)
  3. Melakukan update  data  pada suatu aplikasi basis data dengan cermat  (Microsoft Access)
  4. Melakukan pengecekan hasil update  data pada (Microsoft Access) dengan teliti
  5. Mencetak hasil update data pada  (Microsoft Access) sesuai dengan permintaan/ kebutuhan

6.   Membuat laporan hasil update  data pada  (Microsoft Access)

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.   Pendekatan     : Keterampilan proses

  1. Metode            : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

D.Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  Printer, Software aplikasi Basis Data, User manual software basis data,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

E.Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan 1. Mempersiapkan komputer

2. Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • § Langkah-langkah operasional  proses update  data pada suatu aplikasi basis data
  • § Pemilihan data, field atau record pada suatu aplikasi basis data
  • § Update  data pada suatu aplikasi basis data
    • § Pengecekan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
    • § Pencetakan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
Kegiatan Akhir/ Penutup 3.Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)

4.Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)

5.Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.

6.Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

F.  Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Langkah-langkah operasional  proses update data dijelaskan dengan benar        
2. Data, field atau record pada sebuah aplikasi basis data dipilih sesuai dengan permintaan/kebutuhan        
3. Data dimasukan atau dipindah sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.        
4. Data di-update  sesuai dengan permintaan/kebutuhan tanpa error        
5. Hasil update data dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan        
6. Check list  diisi sesuai dengan update  data yang dilakukan        
Jumlah Score        

 

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII  / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengolah data aplikasi

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.003.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

3.   Mengoperasikan sistem operasi software

3.3 Melakukan delete data dengan utilitas aplikasi

 

B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan prosedur penghapusan data
  2. Menjelaskan macam-macam cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi
  3. Melakukan macam-macam cara penghapusan record  menggunakan uitillitas aplikasi dengan cermat
  4. Menjelaskan macam-macam cara penghapusan field  dengan utilitas aplikasi
  5. Melakukan macam-macam cara penghapusan field menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat
  6. Menjelaskan macam-macam cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi
  7. Melakukan macam-macam cara penghapusan tabel menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat
  8. Melakukan pengecekan hasil  delete data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti
  9. Mencetak hasil delete data
  10. Membuat laporan hasil delete

 

  1. D.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan        : Keterampilan proses

2.Metode      : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. E.     Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  Printer, Software aplikasi Basis Data, User manual software basis data,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

  1. F.     Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Prosedur penghapusan data
  • Cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi
  • Cara penghapusan field dengan utilitas aplikasi
  • Cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi
  • Pengecekan hasil delete data
  • Pencetakan hasil delete  data
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. G.    Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Data dihapus sesuai dengan rencana kerja dan prosedur/instruksi kerja        
2. Record dihapus dengan beberapa macam cara sesuai  prosedur atau instruksi kerja        
3. Field dihapus dengan beberapa macam cara sesuai prosedur atau instruksi kerja        
4. Tabel dihapus dengan beberapa macam cara sesuai prosedur atau instruksi kerja        
5. Proses delete  data diselesaikan sesuai dengan permintaan/ kebutuhan tanpa error        
6. Hasil proses delete  data dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan        
7. Check list  diisi sesuai dengan proses delete data yang dilakukan        
Jumlah Score        

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengolah data aplikasi

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.003.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

3.   Mengoperasikan sistem operasi software

3.4 Melakukan entry data dengan image scanner

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan prosedur pengoperasian image scanner
  2. Melakukan Scanning gambar dengan menggunakan image scanner  sesuai dengan SOP
  3. Menjelaskan pengolahan image dengan aplikasi pengolah image
  4. Melakukan manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja
  5. Menyimpanan hasil/image dengan format khusus sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja
  6. Melakukan pencetakan hasil/image
  7. Membuat laporan hasil

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1. Pendekatan       : Keterampilan proses

2. Metode              : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan @embelajaran

Kom`uter,  Printer,Scanner, Softwabe aplikasi BasiC Data, User manual scanner,  Mo@ul KKPI Dikemnjer 2005

 

  1. E.     Langka@-Langkah Pembelajaran

 

Tahapan Cegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal


Pendahuluan 

  • Mempersiapkan kompuper
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Prosedur pengoperaCian image scannar
  • Scanning gambar dengan menggAnakan image scaNner
  • Aplikasi pefgolah image
  • Manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image
  • Penyimpanan hasil/image denCan format khusus
  • Pencetakan hasil/image
Kegiatan Akhir/ Penutu`
  • Siswa membuat Catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan mobal sehubungan dEngan aktivitas Prosedur penyalaAn dan mematikan komputer.
  • Guru Uemberikan penghargaan kepada siswa yang  telah Ielakukan praktek sesuai SOP, daB memberikan bimbingan untuk penYempurnaan bagi Siswa yang belummenguasai materI secara kompten

 

 

  1. F.       Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Prosedur pengoperasian image scanner dijelaskan sesuai dengan standar operasi image scanner        
2. Image scanner dioperasikan sesuai dengan SOP        
3. Objek ditampilkan di layar aplikasi pengolah image        
4. Gambar diperbesar, diperkecil, di-cropping, dimanipulasi sehingga sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.        
5. Objek/image  disimpan dengan format yang ditentukan misal jpeg, gif, bmp, psd, dan lain sebagainya        
6. Hasil scanning dicetak sesuai dengan permintaan/ kebutuhan        
           
Jumlah Score        

 

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                     Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 1

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengolah data aplikasi

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.003.01

ALOKASI WAKTU              :  20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

3.   Mengoperasikan sistem operasi software

3.5 Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)

 

B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan prosedur pengoperasian OCR (Optical Character Recognition)
  2. Melakukan Scanning obyek  dengan menggunakan Scanner yang di-set mode OCR  sesuai dengan SOP
  3. Menjelaskan pengolalahan hasil scannng dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro)
  4. Melakukan import dan editing text dengan aplikasi pengolah kata
  5. Menyimpanan hasil scanning dengan berbagai format
  6. Melakukan pencetakan hasil scanning
  7. Membuat laporan hasil

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.  Pendekatan      : Keterampilan proses

2.  Metode             : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  Printer, Scanner, Aflikasi OCR, User manual scanner,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

  1. E.     LangkahLangkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • § Prosedur pengoperasian OCR
  • § Scanning  dengan menggunakan OCR
    • Pengolahan hasil scanning dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro)
    • § Import  dan Editing text dengan aplikasi pengolah kata
    • § Penyimpanan hasil scanning dengan berbagai format
    • § Pencetakan hasil scanning
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

 

F.   Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Prosedur pengoperasian Scanner yang di-set mode OCR (Optical Character Recognition) dijelaskan sesuai dengan standar operasi OCR        
2. Scanner yang di-set mode OCR dioperasikan sesuai dengan SOP        
3. Objek ditampilkan di layar aplikasi pengolah OCR        
4. Hasil scanning diimpor ke apikasi pengolah kata sesuai denganprosedur/instruksi kerja.        
5. Text diedit sesuai dengan prosedur/instruksi kerja.        
6. Hasil scanning disimpan dengan format yang ditentukan misal doc, pdf, dan lain sebagainya        
7. Hasil scanning dicetak sesuai dengan permintaan/kebutuhan        
Jumlah Score        

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                     Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan PC dalam jaringan

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.004.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

5.   Mengoperasikan PC dalam jaringan

5.1 Menginstal software jaringan

 

  1. B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian LAN dan Internet dalam sistem jaringan komputer
  2. Menjelaskan perangkat jaringan yang digunakan
  3. Memberi identitas komputer (komputer name, TCP/IP)
  4. Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”
  5. Melakukan serching komputer pada jaringan sesuai prosedur
  6. Melakukan install  program melalui jaringan komputer sesuai dengan prosedur yang berlaku
  7. C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.  Pendekatan      : Keterampilan proses

2.  Metode             : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.  Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  Printer, buku windows, internet,  Modul KKPI Dikmenjur 2005

 

  1. E.  LangkahLangkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Menjelaskan pengertian LAN dan Internet dalam sistem jaringan komputer
  • Menjelaskan perangkat jaringan yang digunakan
  • Memberi identitas komputer (komputer name, TCP/IP)
  • Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”
  • § Melakukan serching komputer pada jaringan sesuai prosedur
    • Melakukan install  program melalui jaringan komputer sesuai dengan prosedur yang berlaku
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.   Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Nama komputer diidentifikasi sesuai dengan ketentuan penulisan nama komputer        
2. Utilitas koneksi  dijalankan untuk menguji koneksi komputer secara cepat        
3. Memberi identitas komputer (komputer name, TCP/IP)        
4. Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”        
5. Searching komputer dilakukan dengan cepat dan benar        
6. Program diinstal melalui jaringan sesuai dengan prosedur dan berfungsi dengan baik        
Jumlah Score        

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                     Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan Web-Design (Internet)

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.005.01

ALOKASI WAKTU              :   20 X 35 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

5.   Mengoperasikan web-Design

5.1 Mengoperasikan Web Browser

  1. B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian dan manfaat internet.
  2. Menjelaskan sistem koneksi internet
  3. Melakukan koneski internet melalui saluran telepon dan jaringan komputer
  4. Menjelaskan jenis Browser dan fitur yang ada.
  5. Menjelaskan pengetahuan tentang URL dan cara penulisannya di web Browser
  6. Melakukan browsing dengan menuliskan URL, menggunakan menu, hyperlink dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Web-Browser secara tepat sesuai kebutuhan
  7. C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan           : Keterampilan proses

Metode                  : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

D.  Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  CD room, buku windows, internet,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

E.LangkahLangkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Pengoperasian Web-Browser :
  • Internet dan sistem koneksi
  • Media koneksi Internet
  • Pengenalan WebBrowser
  • Sistem Addressing di internet
  • Hyperlink
  • Pencarian (searching) informasi di Internet
  • Penyimpanan file
  • Pencetakan

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Koneksi internet telah tersambung dengan baik        
2. Web Browser telah terinstalasi dan dapat berjalan normal        
3. Menu dan Format URL (Uniform Resouce Locator) dijelaskan secara tepat        
4. URL tertentu  diakses melalui isian, menu dan  hyperlink dengan penulisan yang benar.        
5. Informasi dan gambar dicari  menggunakan mesin pencari seuai prosedur        
6. Menyimpan hasil browsing pada media penyimpan (hard disk,flash disk, CD) sesuai dengan kebutuhan.        
  Mencetak hasil pencarian informasi dan gambar dengan kualitas baik        
  Membuka hasil pencarian ke program pengolah kata, presentasi sesuai dengan ektensi file hasil pencarian        
Jumlah Score        

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                     Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan PC dalam jaringan

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.004.01

ALOKASI WAKTU              :  20 X 45 MENIT (10 X PERTEMUAN)

 

  1. A.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

5.   Mengoperasikan PC dalam jaringan

5.2 Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi

 

  1. B.  Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian sharing device dan manfaatnya
  2. Menjelaskan protokol sharing device yang digunakan
  3. Melakukan sharing file, printer, hard disk dan CD ROM dengan benar
  4. Menjelaskan dan melakukan proses copy file dan folder sesuai prosedur
  5. Menjelaskan dan melakukan pencetakan program dengan memanfaatkan sharing printer sesuai prosedur

 

  1. C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan           : Keterampilan proses

Metode                  : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

D.  Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  CD room, buku windows, internet,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

E.LangkahLangkahPembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Menjelaskan pengertian sharing device dan manfaatnya
  • Menjelaskan protokol sharing device yang digunakan
  • Melakukan sharing file, printer, hard disk dan CD ROM dengan benar
  • Menjelaskan dan melakukan proses copy file dan folder sesuai prosedur
  • Menjelaskan dan melakukan pencetakan program dengan memanfaatkan sharing printer sesuai prosedur

 

Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil kbm baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (pr)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai sop, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

F.   Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

 

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Melakukan koneski internet melalui saluran telepon dan jaringan komputer        
2. Melakukan browsing dengan menuliskan URL, menggunakan menu, hyperlink dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Web-Browser secara tepat sesuai kebutuhan        
Jumlah Score        

 

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk Penilaian :

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                     Ma’mun Rusmana, A,Md

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KKPI

 

 

NAMA SEKOLAH               :   SMK FARMASI BOGOR

MATA PELAJARAN                        :   KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN

                                                    INFORMASI (KKPI)

KELAS/SEMESTER             :   XII / 2

STANDAR KOMPETENSI  :   Mengoperasikan Web-Design (Internet)

KODE KOMPETENSI          :   KKPI.104.005.01

ALOKASI WAKTU              :   8 x 45 MENIT(4 X PERTEMUAN)

 

 

  1. A.     Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

5.   Mengoperasikan web-Design

5.1 Mengoperasikan software e-mail  client

 

  1. B.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran ini berakhir Siswa dapat :

  1. Menjelaskan pengertian web-mail , e-mail client, dan manfaatnya.
  2. Menjelaskan prosedur registrasi web-mail  dan e-mail client.
  3. Menjelaskan dan menggunakan menu yang terdapat dalam program web-mail  dan e-mail client secara tepat
  4. Membuat e-mail pada web-mail  dan e-mail client  sesuai prosedur
  5. Melakukan instal dan setting e-mail client  pada komputer sesuai prosedur
  6. Mengirim, membaca dan menghapus e-mail  sesuai dengan prosedur
  7. Mengirim, mambuka, dan menyimpan dan menghapus e-mail degan file attachment pada media penyimpan secara tepat
  8. Menjelaskan  dan melakukan proses pencetakan e-mail, attachment sesuai prosedur

 

  1. C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1.  Pendekatan      : Keterampilan proses

2.  Metode             : Ceramah, peragaan, tanya jawab, dan penugasan.

 

  1. D.    Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran

Komputer,  CD room, buku windows, internet,  Modul KKPI Dikemnjur 2005

 

  1. E.     LangkahLangkah Pembelajaran

 

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
  • Mempersiapkan komputer
  • Apersepsi dan tanya jawab

 

Kegiatan Inti
  • Aplikasi E-mail  :
  • Web-mail  dan E-mail  Client
  • Registrasi e-mail
  • Setting SMTP Server, POP Server, IMAP Server
  • Fitur E-mail
  • Aplikasi E-mail
  • Attachment file
  • Pencetakan
Kegiatan Akhir/ Penutup
  • Siswa membuat catatan hasil praktek (hasil KBM baik teori maupun praktek)
  • Guru memeberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
  • Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas prosedur penyalaan dan mematikan komputer.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang  telah melakukan praktek sesuai SOP, dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang belum menguasai materi secara kompten.

 

 

  1. F.     Penilaian

Tes performance

 

FORMAT PENILAIAN PERFORMANCE

 

Nama Siswa      :

NISS                  :

No. Uraian Aspek Penilaian Skor Nilai
Persiapan

(20%)

Proses

(50%)

Hasil

(30%)

1. Software E-mail client diinstall dan berfungsi dengan baik        
2. E-mail  dan attachment  dibuka dan dibaca sesuai dengan prosedur        
3. Alamat e-mail  dibuat dengan benar sesuai prosedur        
4. Konfigurasi  E-mail client (SMTP Server, POP Server) dijelaskan dan dilakukan sesuai dengan prosedur penulisan        
5. Prosedur pembuatan e-mail  dijelaskan dengan benar        
6. E-mail  dan attachment (diteruskan, dihapus, dibalas ke satu alamat, beberapa alamat) dijelaskan dan diaplikasikan  seseuai prosedur

E-mail  danattachment disiapan pada media Aang tersedia defgan baik

E-mail dan attachment dicetak dan fitAr pencetakan dibelaskan dengan Benar

       
JumlaH Score        

 

 

Petunjuk Penilaian ;

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                Bogor, Juli 2010

Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

Ir. Safni                                                                      Ma’mun Rusmana, A,Md

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s